Loading...

Satu Kesalahan yang Akan Menjerumuskan Seorang Isteri ke Dalam Neraka dan 4 Amal yang Dapat Mengantarnya ke Surga

Amal surga neraka


Setiap amal perbuatan manusia di dunia pasti akan mendapatkan balasan di akhirat. Setiap ketaatan akan berujung pada kenikmatan surga, sedangkan setiap pelanggaran akan menjerumuskan pelakunya kedalam siksaan yang pedih.

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula." (QS. Al-Zalzalah: 7-8)

Allah telah memberikan petunjuk melalui Rasulullah saw. mengenai amal-amal yang dapat mengantarkan seseorang menuju surga atau neraka. Inilah salah satu bentuk rahmat Allah kepada manusia. Sangat disayangkan jika masih saja ada melalaikannya.

Bagi para isteri, Rasulullah saw. telah menyampaikan peringatan dan kabar gembira. Peringatan atas perbuatan yang dapat menjerumuskan mereka ke dalam neraka, dan kabar gembira berupa balasan surga bagi mereka yang beramal mulia.

Kesalahan yang menjerumuskan seorang isteri ke dalam neraka.

Pada saat mi'raj, Rasulullah saw. diperlihatkan keadaan penghuni neraka yang kebanyakan adalah wanita. Rasulullah saw. bersabda,

“Diperlihatkan neraka kepadaku. Ketika itu aku melihat kebanyakan penghuninya adalah wanita.” Seseorang bertanya, “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Rasulullah menjawab, “Mereka kufur kepada suami dan tidak berterima kasih atas kebaikan yang diterimanya. Walaupun sepanjang masa engkau telah berbuat baik kepada mereka, begitu mereka melihat sedikit kesalahan darimu, maka mereka berkata, ‘Aku tak pernah melihat kebaikan darimu'.” (HR. Bukhari)

Imam Bukhari ketika memasukkan hadits pada Bab Kufur Kepada Suami dan Kufur Duna Kufrin. Kufur duna kufrin adalah perbuatan kufur yang tidak mengeluarkan seseorang dari Islam dengan serta merta namun bisa mengantarnya masuk neraka karena merupakan dosa besar.

Melupakan seluruh kebaikan suami hanya karena suami melakukan sedikit kesalahan, kemudian menganggap bahwa tidak ada kebaikan sedikitpun darinya adalah sebuah dosa besar bagi isteri. Berbuat salah adalah kewajaran bagi manusia, kewajiban kita adalah saling mengingatkan satu sama lain. Jika kita melihat kekurangan atau kesalahan pada pasangan kita maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah bersabar dan memaafkan.

Bagi para suami, Allah telah perintahkan untuk bersabar atas kekurangan dan kesalahan isterinya. Sepantasnya juga para isteri melakukan hal yang sama. Allah swt. berfirman,

“Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS. an-Nisaa’: 19)

Baca juga 5 Adab Suami terhadap Isteri.

Amal yang mengantarkan seorang isteri masuk ke dalam surga.

Telah disampaikan oleh Rasulullah bahwa sebagian besar penghuni neraka adalah wanita, namun Rasulullah juga memberikan kabar gembira bahwa akan ada wanita-wanita muslimah yang bisa masuk surga dari pintu manapun yang dia sukai. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka.” (HR. Ahmad)

Maka jika seorang isteri ingin masuk ke dalam surga melalui pintu manapun yang disukai, ada 4 amal yang wajib dilakukan:

  1. Menjaga shalat lima waktu.
  2. Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.
  3. Menjaga kemaluannya dari zina.
  4. Selalu taat kepada suami.

Semoga kita termasuk orang-orang yang terhindar dari siksa neraka, dan menjadi penghuni-penghuni surga yang abadi. Aamiin.
Sakinah 5121540842690206388

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts