Loading...

8 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Khutbah Jum’at

8 tips agar tidak mengantuk saat khutbah jum'at


Khutbah Jum'at adalah rangkain ibadah shalat Jum'at yang tidak boleh dilewatkan, karena berpengaruh pada kesempurnaan ibadah. Tapi seringkali kita temukan banyak sekali jama'ah shalat Jum'at yang tidak memperhatikan, terkantuk-kantuk, atau bahkan tertidur ketika khutbah dibacakan. Tentu ini sangat disayangkan.

Karena khutbah Jum'at ini begitu penting, maka kami akan memberikan tips agar kita tetap terjaga ketika khutbah Jum'at berlangsung, sehingga ibadah kita --insyaa Allah-- lebih sempurna. Berikut tips dari kami:

1. Hindari begadang malam hari sebelumnya

Begadang membuat tubuh kita menjadi kurang fit, dan sudah pasti membuat mengantuk keesokan harinya. Hindari begadang jika Anda ingin tetap terjaga saat khutbah Jum'at berlangsung dan mendapatkan keutamaannya.

2. Mandi keramas sebelum berangkat ke masjid

Mandi keramas pada hari Jum'at sangat dianjurkan, bahkan beberapa ulama mewajibkannya (baca: 15 Amalan yang Dianjurkan Pada Hari Jum'at). Selain itu mandi keramas juga akan membuat tubuh kita lebih segar dan menghilangkan kantuk.

3. Minum kopi atau teh

Kafein yang terkandung dalam kopi atau teh dapat membantu menghilangkan rasa kantuk.

4. Mendengarkan khutbah dengan niat mendapatkan ilmu

Jika kita termotivasi untuk mendapatkan ilmu dari khutbah yang disampaikan khatib, maka sudah tentu kita akan berusaha untuk memperhatikan dengan seksama. Jika kita fokus memperhatikan dan mendengarkan, maka rasa kantuk pun akan hilang.

5. Jangan duduk dengan memeluk lutut

"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang duduk memeluk lutut pada hari ketika imam sedang berkhutbah." (H.R. Abu Daud dan Turmudzi)

Imam An-Nawawi menjelaskan tentang hadits ini bahwa,

“Perbuatan ini dilarang, karena ini bisa menyebabkan ngantuk, sehingga bisa jadi wudhunya batal, dan terhalangi mendengarkan khutbah.” (Al-Majmu’, 4:592)

6. Pindah tempat duduk atau bergeser jika mengantuk

“Apabila kalian ngantuk pada hari Jumat, maka berpindahlah dari tempat duduknya.” (H.R. Abu Daud dan Turmudzi)

7. Hindari menundukkan kepala atau melihat ke bawah

Menundukkan kepala atau melihat ke bawah menyebabkan badan anda membungkuk dan merangsang rasa kantuk. Sebaiknya Anda usahakan untuk duduk dengan tegak dan mengarahkan pandangan ke arah khatib. Dengan melihat khatib berbicara dengan berbagai ekspresinya, insyaa Allah Anda tidak akan merasa ngantuk.

8. Jika rasa kantuk semakin berat, segera ambil wudhu

Jika memang rasa kantuk sudah benar-benar tidak tertahankan, jurus terakhir adalah dengan bersegera bangkit dan mengambil air wudhu.

Pada intinya kita harus punya tekad yang kuat dan usaha maksimal untuk mengikuti ibadah shalat Jum'at dengan sebaik-baiknya. Karena dalam ibadah ini merupakan ibadah wajib bagi setiap laki-laki muslim yang sudah baligh. Mengantuk dan tertidur ketika khutbah Jum'at berlangsung tentu saja akan merusak kesempurnaan ibadah kita.

Semoga bermanfaat. [AC/muslimfamilia.com]
Tips 7126676695814307793

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts