Loading...

4 Keistimewaan Hari Jumat

Keistimewaan hari Jumat

Hari Jum'at adalah hari yang sangat istimewa bagi umat Islam dan memiliki banyak keutamaan. Disampaikan oleh Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam, "Bulan paling utama adalah bulan Ramadhan, dan hari paling utama adalah hari Jumat.” (H.R. Ath-Thabrani)

Keistimewaan hari Jum'at berdasarkan hadits-hadits Nabi shalallahu’alaihi wasallam antara lain adalah:

1. Hari Jum'at Dipilih oleh Allah Sebagai Hari Terjadinya Peristiwa-Peristiwa Besar.

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, “Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at.” (HR. Muslim)

2. Hari Jum'at Adalah Hari Raya yang Hadir Setiap Pekan Bagi Umat Islam

Dari Ibnu Abbas radhhiyallahu a’nhu , Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda,

"Sesungguhnya hari ini adalah hari raya, Allah menjadikannya istimewa bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang akan mendatangi shalat Jum’at maka hendaklah dia mandi”. (H.R. Ibnu Majah)

3. Pada Hari Jum'at Terdapat Waktu yang Mustajab Untuk Berdo'a

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, "Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata, 'Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.' Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud dengan detik terakhir dari hari Jum’at adalah saat menjelang maghrib, yaitu ketika matahari hendak terbenam.

4. Pada Hari Jum'at Kita Mendapat Pengampunan Dari Dosa-Dosa Kecil

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Shalat fardhu lima waktu, Jum’at ke Jum’at berikutnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan di antara masa tersebut jika ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR Muslim dan lainnya)

“Barangsiapa yang mandi lalu berangkat Jum’at, kemudian mendirikan shalat semampunya, selanjutnya diam mendengarkan khutbah (imam) hingga khutbahnya selesai kemudian shalat bersama imam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya antara Jum’at itu hingga Jum’at berikutnya dan ditambah tiga hari lagi.” (H.R. Muslim)

Sungguh besar karunia Allah kepada kaum muslimin dengan menganugerahkan hari yang sangat istimewa ini. Maka, sudah seharusnya kita bersyukur dan memanfaatkan hari yang mulia dan penuh barakah ini dengan melakukan ibadah-ibadah wajib maupun sunnah.

Semoga di hari Jum'at yang mulia ini kita semua memperoleh rahmat dan ampunan Allah subhanahu wa ta'ala. [AC/muslimfamilia.com]

Baca juga:
15 Amalan yang Dianjurkan Pada Hari Jumat
8 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Khutbah Jum’at
Serba-Serbi 427540648085021620

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts