Loading...

Tips Agar Diri Ikhlas Saat Dipuji


Tips Agar Tidak Merasa Di Atas Angin Ketika Dipuji, Beberapa tips agar tidak merasa di atas angin ketika dipuji oleh orang lain, bisa kami ringkaskan dari perkataan ulama di atas sebagai berikut.

1. Harus yakin nikmat itu dari Allah, bukan dari usaha manusia
2. Banyak lihat kekurangan diri daripada kelebihan
3. Tidak terlalu memperhatikan pujian atau celaan
4. Ada pujian atau tidak, keadaannya sama saja.
5. Tidak mengharap pujian berikutnya, yang harap selalu pahala kala beramal.
6. Amalkan doa Abu Bakr Ash-Shiddiq.

Ketika dipuji, Abu Bakr berdo’a,

 اللَّهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ 

Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.

[Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka]

( Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4: 228, no.4876. Lihat Jaami’ul Ahadits, Jalaluddin As Suyuthi, 25: 145, Asy Syamilah)

Sebagaimana disebutkan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, Al Auza’i mengatakan bahwa ketika seseorang dipuji oleh orang lain di hadapan wajahnya, maka hendaklah ia mengucapkan do’a di atas.
Tips 2102693811804889357

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts