Loading...

Nasehat Seorang Ayah Kepada Anak Lelakinya yang Sedang Mencari Calon Istri

Nasehat seorang ayah tentang ciri calon istri yang baik


Seorang ayah yang bijak memberikan nasehat kepada anak lelakinya yang sedang mencari seorang istri. Sang ayah berkata:

Anakku, ayah akan menyampaikannya dengan sangat jelas, maka perhatikanlah baik-baik.

Jangan terlalu mengkhawatirkan kecantikan fisik, namun pertimbangkanlah kecantikan hati dan kejernihah akalnya, besarnya cinta, dan kesabaran. Karena setelah 5 atau 10 tahun, ini semua bukanlah tentang kecantikan fisik.

Kau bisa lihat ibumu. Mungkin dia kini tak secantik dahulu, namun kami tetap hidup bahagia bersama. Ayah tetap mencintai ibumu, dan ibumu masih tetap mencintai ayah.

Waspadalah kepada wanita yang mencintai uang. Maksud ayah, wanita yang sepanjang waktu hanya membicarakan tentang rambutnya, pakaian, sepatu, tas, dan make-up. Pernikahan bukanlah mengenai semua hal itu. Tanpa semua itu pun pernikahan yang baik akan tetap utuh. Namun tanpa cinta, takkan ada pernikahan yang sanggup bertahan.

Ketika ayah menikahi ibumu, ayah tak punya mobil ataupun rumah sendiri. Ayah bahkan tidak memiliki pendidikan yang bagus. Tapi ayah mempunyai impian. Ibumu sangat menghargainya dan selalu mendukung ayah. Setiap wanita yang tidak mendukung impianmu, bukanlah wanita yang layak untuk kau pikirkan sepanjang waktu. Di suatu tempat di luar sana, pasti ada seorang wanita yang akan dapat melihat impianmu, bahkan mungkin jauh lebih jelas daripada dirimu sendiri. Kau akan sangat beruntung jika bisa menemukannya.

Anakku, bukalah telingamu baik-baik. Ada jenis wanita yang harus kau hindari. Jangan sampai kau berbuat kesalahan dengan menikahi wanita seperti ini, atau kau akan menyesal. Yang ayah maksud adalah wanita yang selalu menemukan hal-hal buruk pada orang lain untuk dibicarakan. Jika kau menemui wanita yang seperti ini, pergilah jauh-jauh.

Yang terburuk adalah wanita yang selalu komplain tentang segalanya. Jika kau membeli sesuatu, dia bilang seharusnya kau tak membelinya. Jika kau melakukan suatu hal, dia mengatakan seharusnya itu tidak kau lakukan. Hindari wanita seperti ini.

Kebanyakan wanita sangat suka bicara. Namun seseorang yang bicara selama dua jam dan hanya mau mendengar selama dua menit adalah bencana.

Tidak ada wanita yang sempurna. Jika kamu menjumpai wanita yang percaya pada impian-impianmu, yang menghormatimu, dan tidak gemar memikirkan dirinya sendiri, maka jangan pernah melepaskannya.

Namun ingatlah, jangan sampai kau menjadi lelaki yang buruk. Ayah telah mengajarimu! Meskipun kau menemukan wanita yang baik, namun jika kau sendiri bukan lelaki yang baik, maka kau pun tak akan memiliki pernikahan yang baik.

Ayah tidak akan memilihkan seorang istri untukmu, tapi ayah telah memberimu nasehat. Ketika kau menemukan wanita itu, ayah akan merestuinya. Semoga kau menemukan seorang wanita yang akan mengangkat derajatmu, bukan menjatuhkanmu. [muslimfamilia.com]
Sakinah 7766706883018079697

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts