Loading...

Rasulullah (saw.) Pun Tak Enggan Berlomba Lari dengan Istrinya

Nabi Muhammad saw lomba lari dengan 'Aisyah

Suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berlomba lari dengan Aisyah dan Aisyah menang. Aisyah bercerita, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berlari dan mendahuluiku (namun aku mengejarnya) hingga aku mendahuluinya. Tetapi, tatkala badanku gemuk, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajak lomba lari lagi namun beliau mendahului, kemudian beliau mengatakan, “Wahai Aisyah, ini adalah balasan atas kekalahanku yang dahulu’.” (HR. Thabrani)

Kewajiban pertama seorang suami terhadap istrinya adalah mempergaulinya dengan baik. Allah SWT berfirman, “Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka karena suatu hal, (ingatlah) bahwa dalam segala hal Allah menjadikan kebaikan yang banyak.” (QS. An-Nisa: 19)

Salah satu cara mempergauli istri dengan baik, seperti dipraktikkan oleh Rasulullah dalam hadits di atas, adalah menciptakan suasana menyenangkan dalam rumah tangga. Salah satu kiatnya adalah dengan mengadakan permainan-permainan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Segala sesuatu selain dzikrullah itu permainan dan kesia-siaan, kecuali terhadap empat hal; yaitu seorang suami yang mencandai istrinya, seseorang yang melatih kudanya, seseorang yang berjalan menuju dua sasaran (dalam permainan panah, termasuk juga dalam berlomba), dan seseorang yang berlatih renang.” (HR. An-Nasa’i)

Rasulullah pun ingin menularkan kebahagiaan ini. Beliau juga "memanas-manasi" para sahabatnya untuk menciptakan suasana yang sama. “Yang terbaik diantara kalian adalah yang terbaik dari kalian terhadap istri. Dan aku yang terbaik di antara kalian terhadap istriku.” (HR. Thabrani)

Jika pun Rasulullah diutus untuk menyempurnakan akhlaq, maka akhlak yang paling perlu ditata terlebih dahulu adalah akhlak dalam berumah tangga. Rasulullah SAW bersabda, “Yang paling sempurna imannya di antara kalian adalah yang paling baik akhlaqnya, dan yang paling baik diantara kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya." (HR. Abu Dawud)

Maka, tunggu apa lagi?


Sumber: nu.or.id (diedit oleh muslimfamilia.com)
Sakinah 6272522708857950293

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts