Loading...

6 Amalan yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil Agar Terlahir Anak Shalih dan Shalihah

Amalan ketika hamil

Begitu istimewanya seorang wanita, hingga ia begitu kuat menerima amanah hamil dan melahirkan. Inilah keadaan dimana Allah Ta'ala menjadikan wanita begitu penting dalam proses penciptaan manusia.

Sebagai hamba Allah, tentu kita menginginkan bayi yang dikandung menjadi anak yang shalih dan shalihah. Dengan demikian, peran orang tua haruslah mendukung anak menuju pribadi yang shalih dan shalihah.

Proses mendidik anak menjadi anak yang sholeh dapat kita lakukan sedari dini, bahkan sebelum anak kita lahir. Apa yang dilakukan ibu selama hamil bahkan sangat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan janin.

Berikut 6 amalan yang sebaiknya kita lakukan ketika hamil agar melahirkan anak yang shalih dan shalihah.

1. Memperbanyak syukur

Mengandung adalah anugerah, tanda bahwa Allah Ta'ala mempercayakan amanah berupa anak kepada kita. Kita wajib bersyukur dengan senantiasa berdzikir kepada Allah dan menjaga kandungan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sesuai janji-Nya, barangsiapa bersyukur maka Allah akan menambah nikmat dari-Nya. Jika kita bersyukur dengan kehamilan kita, Insyaa Allah kita akan dikaruniai anak yang shalih dan shalihah.

2. Perbanyak doa

Kehamilan dan melahirkan merupakan peristiwa besar yang terjadi pada wanita, maka pada masa-masa ini sebaiknya kita banyak berdoa kepada Allah agar diberi kelancaran dalam proses kehamilan ini. Tak lupa kita juga memohon kepada Allah agar diberi keturunan yang sempurna dan sehat fisiknya, juga agar kita sendiri diberi kesehatan fisik.

Ada sebuah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim as., sehingga Allah mengarunikan kepada beliau anak yang shalih (Ishak),

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
Rabbi hablii min ash-shalihiin.

Artinya: Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (QS. As-Shaffat: 100)

3. Menjaga emosi dan perilaku

Emosi jiwa yang dialami seorang ibu akan sangat dirasakan oleh janin yang dikandungnya. Semakin terkontrol emosi, baik dengan menjaga lisan dan menjaga sikap, maka janin akan terpelihara dalam lingkup energi positif di dalam rahim ibu. Perbanyaklah relaksasi dengan berdzikir dan membaca Al-Qur'an, juga lakukanlah hal-hal yang menyenangkan agar dapat menularkan energi positif kepada bayi yang sedang dikandung.

4. Mendidik anak sejak dalam kandungan

Memberikan pendidikan yang baik kepada jabang bayi dapat dilakukan sejak awal perkembangan kandungan. Karena inilah saat-saat terdekat ibu dengan anak, dimana mereka ada dalam satu tubuh tanpa terpisahkan sedikitpun. Nikmatilah saat-saat ini dengan menjalin kedekatan dan mendidik dengan hal-hal baik.

5. Rajin membaca Al-Qur'an

Ketika di dalam kandungan, anak juga dapat mendengarkan apa yang diucapkan orang-orang di luar perut ibunya. Ajaklah ia berbicara hal-hal yang baik dan perdengarkanlah ayat-ayat Al-Qur’an agar tertanam  sifat positif pada anak sejak dari dalam kandungan.

6. Hanya makan yang halal

Setiap yang dikonsumsi seorang ibu hamil akan sangat berpengaruh kepada fisik dan psikis janin. Maka sangatlah penting bagi seorang ibu hamil untuk menjamin setiap apa yang masuk ke dalam tubuhnya agar senantiasa bergizi, halal dan diperoleh dengan cara yang halal.

Semoga kita semua dikaruniai anak-anak yang berbakti kepada orangtua dan taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.[Aryanty Be/muslimfamilia.com]
Tips 8851025453660554480

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts