Loading...

11 Cara Membahagiakan Istri

Cara membahagiakan istri

Pernikahan yang bahagia akan tercapai jika baik suami maupun istri sama-sama bahagia dan saling membahagiakan. Kali ini kami persembahkan beberapa tips bagi para suami untuk membuat sang istri bahagia. Cara-cara sederhana, mungkin juga terlihat remeh dan sepele, namun insyaa Allah efeknya luar biasa.

1. Kerjakan pekerjaan rumah meski hanya hal-hal sederhana

Sesekali, tanpa diminta oleh istri, cucilah piring bekas makan Anda sendiri. Atau bantulah istri Anda sewaktu mencuci pakaian, atau membereskan tempat tidur di pagi hari. Istri Anda akan sangat menghargainya dan merasa bahwa Anda peduli kepadanya dan peduli pada urusan rumah.

2. Dahulukan kebutuhannya

Jika ingin jalan-jalan ke luar, jangan buru-buru menentukan tempat. Tempat yang Anda suka belum tentu nyaman untuk istri Anda. Coba tanyakan dulu tempat mana yang ingin istri Anda datangi. Dengan demikian dia akan merasa Anda sangat perhatian kepadanya, dan bukti bahwa Anda bukanlah suami yang egois.

3. Dengarkan dia, jangan buru-buru mengoreksi

Saat istri Anda ingin mencurahkan isi hatinya, maka perhatikanlah dia, dan dengarkanlah dengan baik. Jangan berusaha memberikan solusi jika dia tidak memintanya, apalagi mengoreksi, atau mengkritiknya. Seorang wanita pada saat seperti itu hanya ingin mengeluarkan uneg-unegnya, dan meluapkan perasaannya. Jadi cukup berikan bahu Anda untuknya bersandar, dan dengarkan dia dengan seksama. Sekali lagi, cukup dengarkan saja dengan baik.

4. Perlakukan dia dengan lembut

Hindari kata-kata kasar ataupun teriakan. Islam telah mengajarkan bagaimana cara memperlakukan istri dengan baik. Bahkan meskipun dia berbuat salah (baca di sini). Rasulullah Muhammad saw. bersabda,

“Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik.” (HR. Bukhari)

5. Ucapkan terima kasih

Istri Anda adalah bidadari dunia yang telah dikirim Allah untuk menyempurnakan hidup Anda, dan menggenapkan setengah agama Anda. Dialah yang telah melahirkan anak-anak Anda, dia pula yang mengurus kebutuhan sehari-hari Anda dan anak-anak. Ingatlah untuk selalu mengucapkan terimakasih kepadanya atas pengabdiannya kepada keluarga kecil Anda. Pastikan bahwa Andalah orang yang paling banyak mengucapkan terimakasih kepadanya. Tunjukkan bahwa kehadirannya dalam hidup Anda sangatlah berarti dan tak tergantikan.

6. Pujilah dia

Suatu ketika mungkin istri Anda mencoba baju baru, tatanan rambut baru, atau sengaja memakai make-up di rumah untuk Anda. Jangan cuek atau bersikap biasa saja, pujilah dia, katakan betapa cantiknya dia. Tunjukkan kekaguman Anda, tak perlu gengsi. Sekali waktu, misal ketika acara kumpul-kumpul keluarga, ceritakan tentang masakan istri Anda yang enak, atau keterampilannya dalam menjahit baju, mengurus tanaman, dll. Tunjukkan bahwa Anda sangat bersyukur memilikinya sebagai istri.

7. Jadilah suami yang bertanggung jawab

Bekerjalah dengan semangat dan penuh kesungguhan. Maka istri Anda akan melihat Anda sebagai suami yang dapat diandalkan. Jika ada keran yang mampet atau genting yang bocor, cobalah untuk memperbaikinya dengan segera. Pastikan bahwa alat-alat rumah tangga dalam keadaan berfungsi dengan baik, sehingga tidak menyulitkan istri Anda dalam bekerja.

8. Dengar nasehatnya, minta maaf, dan berubahlah jadi lebih baik

Manusia adalah makhluk yang tak bebas dari kesalahan, seringkalo justru tidak sadar jika telah berbuat kesalahan. Maka jangan tersinggung jika suatu ketika istri Anda menegur kesalahan Anda dan mengingatkan Anda. Berterimakasihlah padanya karena telah menjaga Anda di atas jalan yang lurus. Mintalah maaf jika kesalahan tersebut bersinggungan dengannya, lalu perbaikilah kesalahan tersebut, dan berubahlah menjadi lebih baik.

9. Mintalah pendapatnya

Ketika Anda menghadapi sebuah masalah, ada baiknya jika Anda berbagi kepada istri. Mintalah pendapatnya, maka dia akan sangat senang memberikan pendapatnya. Dia merasa dianggap. Sebagai wanita, tentu dia dapat memberikan sudut pandang lain, dan memperkaya referensi Anda dalam membuat keputusan.

10. Dukung impiannya

Setiap orang pasti memiliki impian dan passion. Cobalah cermati impian dan passion istri Anda. Sekalipun dia telah membaktikan diri sebagai ibu rumah tangga, dia pasti tetap menyimpan impian-impiannya dan berharap akan terwujud suatu saat nanti. Dukunglah impiannya selama hal tersebut positif dan tidak menyalahi aturan agama.

Belikanlah buku-buku yang sesuai minatnya, atau jika dia hobi menjahit, berilah kejutan dengan membelikan sebuah mesin jahit untuknya. Ijinkan dia mengambil kursus membuat kue, buatkan dia website pribadi untuk mempublikasikan tulisan-tulisannya, atau buatkan sebuah online-shop untuknya menjual baju-baju rancangannya.

11. Katakan "I Love You"

Anda mungkin sudah banyak membuktikan cinta Anda padanya dengan perbuatan-perbuatan nyata. 10 poin di atas sudah Anda lakukan seluruhnya, tanpa terkecuali. Namun ada satu hal lagi yang sangat perlu Anda lakukan, yaitu menegaskan cinta Anda padanya dengan mengucapkan "I love you", "Aku cinta padamu", "Ana uhibbuki", atau yang semisalnya. Wanita sangat menginginkan penegasan, dan wanita selalu ingin mendapatkan penegasan itu melalui kata-kata yang dia dengar langsung. Maka cintailah istri Anda dengan perbuatan dan kata-kata.

***

Akhir kata, semoga Anda berdua menjadi pasangan halal yang berbahagia dunia hingga akhirat. Barakallahufikum. [muslimfamilia.com]

Tips 8664701192377962422

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts