Loading...

5 Manfaat Bermain Untuk Balita

Aktivitas bermain sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang balita


Aktivitas bermain sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang balita. Dengan sering melakukan aktivitas bermain, balita akan terstimulasi untuk tumbuh lebih sehat dan bahagia.

Manfaat bermain untuk Balita antara lain:

1. Bermain bersama dapat memperkuat ikatan batin antara Balita dan orangtua.

Pada usia balita, anak belajar untuk mengenali orang-orang terdekatnya. Dengan bermain bersama, seorang ibu juga dapat memperhatikan perkembangan anak dari waktu ke waktu. Pada tahap ini, orangtua juga akan mampu mengenali karakter dan temperamen anak dengan lebih baik.

2. Aktivitas bermain dapat menstimulasi sistem indera.

Aktivitas bermain dapat merangsang panca indera anak anda. Misalnya, dengan menyentuh mainan, memegang benda-benda disekililingnya, mengambil barang, melempar, dst. akan menstimulasi indera sentuh/peraba. Mainan yang umumnya berwarna-warni akan menstimulasi indera penglihatannya. Dengan diajak berbicara, bercerita, atau menyanyi bersama akan merangsang indera pendengarannya. Indera pengecapnya akan terstimulasi saat dia mencoba memasukkan mainan ke dalam mulut (pastikan mainan anak anda aman untuk dimasukkan mulut). Gerak motoriknya juga akan terlatih dengan berbagai permainan dan beraneka ragam mainan yang ada.

4. Aktivitas bermain dapat menstimulasi kemampuan bicara.

Dengan sering diajak bermain dan bercakap-cakap, Balita akan mempelajari kata-kata yang sering dia dengar. Dengan demikian kemampuan bicara Balita akan lebih cepat berkembang.

5. Aktivitas bermain bermanfaat bagi perkembangan kemampuan problem solving (memecahkan masalah) and thinking skills (kemampuan berpikir logis).

Dengan bermain, Balita dapat mempelajari cara kerja suatu benda atau mainan. Mereka bisa mempelajari bahwa ternyata tiap benda bisa mengeluarkan suara yang berbeda satu sama lain. Hal ini akan sangat membantu mereka untuk memahami dan melakukan hal-hal lain yang lebih kompleks pada tahap perkembangan selanjutnya.
Parenting 382196633872595874

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts