Loading...

4 Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan dengan Cara Alami

Uang belanja bulanan cepat habis


Kebutuhan hidup sehari-hari seolah tidak ada habisnya. Berapapun gaji atau jatah uang belanja bulanan selalu saja kurang. Hal ini memang masalah klise yang hampir semua orang mengalaminya.

Banyak cara untuk menyiasati kondisi keuangan yang pas-pasan dan mengurangi laju pengeluaran bulanan. Salah satunya adalah menghemat uang belanja bulanan dengan cara alami. Seperti apa caranya? Mari kita simak bersama.

1. Berhenti merokok


Menghentikan kebiasaan merokok


Jika ada anggota keluarga yang masih merokok, segera sarankan untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, berhenti merokok juga dapat mengurangi pengeluaran. Katakanlah rata-rata harga rokok Rp 10.000/bungkus dan habis dalam satu hari, maka dalam sebulan uang yang dapat dihemat sekitar Rp 300.000. Uang sebanyak itu bisa digunakan untuk keperluan rumahtangga yang lain, misalnya untuk beli beras bisa dapat sekitar 20-30 kg.

2. Menanam aneka sayuran di pekarangan rumah

Berkebun di lahan sempit


Sebagian besar pengeluaran bulanan adalah untuk membeli dan mengolah lauk-pauk. Jika kita bisa menanam sayur-mayur di pekarangan rumah, insyaa Allah kita bisa menghemat pengeluaran. Selain itu kita juga bisa menjamin bahwa sayuran yang kita sajikan untuk keluarga bebas dari bahan-bahan kimia alias organik.

Bagaimana jika pekarangan rumah anda sempit? Anda bisa mencoba membuat kebun vertikal, yaitu menanam dengan memakai media seperti botol bekas atau paralon yang digantungkan di tembok. Pekarangan yang sempit tidak jadi masalah lagi bukan? Selain bisa berhemat, insyaa Allah rumah anda juga akan terlihat lebih asri, lingkungan rumah juga jadi lebih segar.

3. Menanam tanaman obat


Tanaman obat keluarga


Selain menanam sayuran, ada baiknya juga menanam tanaman obat keluarga (TOGA), seperti daun dewa, pacar cina, jahe, temulawak, kumis kucing, dll. Jadi seandainya ada anggota keluarga yang sakit, anda tidak perlu membeli obat ke apotek, cukup memanfaatkan tanaman obat yang sudah ditanam tadi. Sangat hemat, insyaa Allah sehat dengan cara alami, bebas dari bahan-bahan kimia.

Sebagai contoh manfaat dari tanaman obat, misalnya jahe dapat digunakan sebagai obat masuk angin, sakit tenggorokan, dll. Temulawak berkhasiat untuk mengobati sakit kuning, maag, dan menstabilkan tekanan darah. Beraneka jenis tanaman obat dan manfaatnya secara lebih lengkap bisa dibaca di sini.

4. Gunakan "kosmetik" alami


Komesmetik alami


Pos pengeluaran yang bisa dihemat selanjutnya adalah biaya perawatan tubuh dan kosmetik. Kita bisa mulai menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Banyak bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kecantikan, misalnya jeruk nipis yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit, dan mengecilkan pori-pori wajah. Parutan bengkuang bisa dipakai sebagai masker. Daun lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan kulit, dan menguatkan akar rambut. Menjaga berat badan atau diet dengan minum wedang jahe secara rutin, dsb.

Kita bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai bahan alami yang bermanfaat untuk perawatan tubuh baik melalui majalah, buku, atau internet.

Semoga bermanfaat. Semoga bisa semakin menghemat pengeluaran.
Tips 6754888686372169071

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts