Loading...

3 Sentuhan Penyembuh yang Diajarkan Oleh Rasulullah SAW.


Sentuhan dan doa bagi orang sakit yang dicontohkan rasulullah


Menjenguk orang sakit sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Islam juga mengajarkan hal-hal yang perlu kita lakukan ketika menjenguk orang sakit, salah satunya adalah mendoakan kesembuhan bagi yang sakit.

Selain mendoakan, ternyata ada hal lain yang dicontohkan oleh Rasulullah saw., yaitu menyertai do'a dengan sentuhan. Tentu saja dengan tetap memperhatikan rambu-rambu syar'i; hanya boleh menyentuh orang yang memang diperbolehkan untuk disentuh (mahram). Jika orang yang kita jenguk bukanlah mahram kita, maka tentu tidak diperbolehkan menyentuhnya.

Ada kalanya juga yang jatuh sakit adalah anggota keluarga kita sendiri; orangtua, suami, istri, saudara, atau anak-anak kita. Maka memberikan sentuhan istimewa ini sangat dianjurkan. Selain merupakan sunnah, sentuhan juga dapat menunjukkan perhatian dan rasa sayang kita kepada mereka.

Atau bahkan diri kita sendiri yang sakit. Sentuhan-sentuhan istimewa ini insyaa Allah bisa membantu kita memperoleh kesembuhan dari Allah swt.

Berikut ini adalah sentuhan-sentuhan 'penyembuh' dan doa-doa bagi orang sakit yang dicontohkan oleh Rasulullah saw.

1. Meletakkan jari telunjuk ke tanah kemudian mengusapkannya ke bagian tubuh yang sakit.

Dari 'Aisyah ra. bahwasannya bila ada orang yang mengeluh karena tertimpa penyakit atau terluka kepada Nabi saw., maka Nabi saw. bersabda dengan (isyarat) jari telunjuknya, "Berbuatlah demikian!". Sufyan bin 'Uyainah, perawi hadits ini meletakkan jari telunjuknya ke tanah kemudian diusapkan ke tempat yang sakit, sambil berdoa, "Bismillaahi turbatu ardhina bi riiqati ba'dhinaa yusyfaa bihi saqiimunaa bi idzni rabbinaa." (Dengan nama Allah. Debu tanah kami dengan ludah sebagian dari kami, semoga disembuhkan orang yang sakit ini atas izin Tuhan kami.). (H.R. Bukhari - Muslim)

2. Mengusapkan tangan kanan.

Dari 'Aisyah ra. bahwasannya Rasulullah saw. menjenguk salah seorang keluarganya dengan mengusapkan tangan kanannya seraya berdoa, "Allahumma rabban-naasi adzhibil ba'sa isyfi antasysyaafii laa syifaa'a illaa syifaa'uka syifaa'an laa yughaadiru saqamaa." (Wahai Allah Tuhan semua manusia, hilangkanlah segala penyakit. Sembuhkanlah, karena hanya Engkaulah yang dapat menyembuhkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan yang berasal dari-Mu. Kesembuhan yang tidak dihinggapi penyakit lagi.). (H.R. Bukhari - Muslim)

3. Meletakkan tangan pada tempat yang sakit.

Dari Abdullah 'Utsman bin Abul 'Ash ra. bahwasannya ia pernah mengeluh kepada Rasulullah saw. tentang penyakit yang menyerang badannya, kemudian Rasulullah saw. bersabda kepadanya, "Letakkanlah tanganmu pada tempat yang sakit, dan bacalah, bismillaah, tiga kali. Lalu bacalah, A'uudzu bi 'izzatillaahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru (Saya berlindung diri dengan kemuliaan Allah dan kekuasaan-Nya dari penyakit yang saya rasakan dan saya khawatirkan), tujuh kali". (H.R. Muslim)

[AC/muslimfamilia.com]
Tips 5765275711285788928

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts